-->

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop / Notebook Yang Tidak Berfungsi


Altenatif sebelum menyerahkan permasalahn ini ke servis center atau  took servis berikut adalah sedikit alternatif kamu pasti bisa mensiasati kerusakan di keyboard.

Jika Salah Satu Tombol Tidak Berfungsi

Tombol huruf tidak berfungsi satu huruf atau lebih maka cara penanganannya adalah dengan melepaskan tombol huruf yang tidak berfungsi dan membongkar dudukan tombol secara perlahan dan menusuk pinggiran papan plastik dengan jarum atau sejenisnya yang sangat kecil dan halus dengan menusuk secara hati-hati hingga lapis pertama. Setelah berhasil menusuk dengan jarum hingga lapis pertama, gerakkan jarum mengarah pada papan huruf yang dimaksud dan buatlah gerakan untuk membersihkan jalur yang kotor, hal ini biasanya disebabkan oleh laptop panas yang menyebabkan uap panas didalam lapisan tombol pada keyboard.

Keyboard pada laptop terpasang dengan kompleksitas yang tinggi, sehingga kita tidak bisa membukanya dengan mudah dan memperbaikinya langsung, tapi kebanyakan masalah yang terjadi biasanya bukan dengan hardware kamu walaupun ada kemungkinan juga hardware keyboard tersebut telah rusak. Dan seperti dikatakan tadi di awal, bahwa ada banyak faktor yang berhubungan dengan masalah ini.Jadi di sini kami memberikan beberapa tips dan percobaan yang bisa kamu gunakan dengan satu-persatu dan proses ini bekerja pada banyak laptop.

Melakukan Pengecekan Hardware atau Software

Cara pertama untuk cek apakah kerusakannya ada di mesin keyboard atau di program adalah dengan masuk ke BIOS. Pertama matikan laptop, lalu mennyalakan lagi dengan menekan tombol power lalu langsung tekan del, f2, dan esc  coba lakukan beberapa kali.
Kalau kamu tidak bisa masuk ke BIOS, atau tidak bisa navigasi di BIOS dengan keyboard, berarti permasalahannya ada di hardware keyboard.
Kalau bisa masuk ke BIOS, dan bisa navigasi menggunakan tombol keyboard, berarti sebenarnya keyboard kamu baik-baik saja. Kerusakan ada di program Windowsnya.

Mencoba Untuk Restart Laptop

Seperti banyak orang bilang, restart laptop bisa menyelesaikan (hampir) semua masalah. Kamu bisa restart dengan mouse dan trackpad, atau tahan tombol power selama beberapa detik sampai layarnya mati. Nyalakan kembali laptop kamu, dan cek apakah keyboard sudah benar atau belum.
Kalau keyboard belum benar, coba masuk ke safe mode lalu cek apakah keyboard bisa digunakan atau belum. Kalau bisa, berarti kerusakan ada di program Windows, sementara kalau di safe mode keyboardnya masih rusak, kemungkinan ada kerusakan di hardware keyboard (atau hardware sambungan keyboard ke laptop).

Memastikan Driver Terinstal dengan Sempurna

Kerusakan keyboard sering terjadi hanya karena driver yang outdated, corrupt, atau entah kenapa tidak kompatibel saja. Untuk memastikan apakah driver bermasalah atau tidak, lakukan tahap-tahap berikut:
  • Masuk ke Start Menu
  • Klik Control Panel
  • Klik Hardware and Sound
  • Klik Device Manager
  • Klik tanda panah di sebelah kiri Keyboards.
  • Jika ia menunjukkan tanda seru berwarna kuning, berarti driver sedang bermasalah.
  • Klik kanan di driver keyboard tersebut.
  • Klik Update Driver Software.
Kalau sudah, restart laptop kamu dan cek apakah keyboard sudah benar atau belum.

Membersihan Keyboard

Keyboard yang kotor adalah salah satu penyebab utama keyboard jadi tidak berfungsi sebagian, alias ada tombol yang bisa dan ada yang tidak.
Berikut beberapa ciri-ciri keyboard laptop tidak berfungsi sebagian:
  • Beberapa tombol tidak dapat berfungsi.
  • Tombol tertekan sedikit saja namun muncul terus ketika lembar kerja dibuka.
  • Ketika laptop dihidupkan, terdengar bunyi beep yang tidak biasanya muncul.
  • Laptop mau hidup bila harus dibantu tombol enter atau lainnya supaya booting Windows.
  • Huruf tidak muncul meskipun telah ditekan.
  • Huruf yang ditekan tidak sesuai dengan tombol huruf.
Kalau keyboard kamu mengalami satu hal diatas, coba bersihkan keyboard dengan tahap-tahap berikut:
  1. Tentukan tombol-tombol yang tidak berfungsi.
  2. Lepaskan tombol keyboard yang tidak berfungsi dengan hati-hati (bisa cek youtube untuk tutorial).
  3. Tekan socket yang sudah dilepas tombolnya.
  4. Kalau berfungsi, berarti tidak ada masalah pada socket.
  5. Semprotkan hair dryer pada socket untuk membuang kotoran dan mengeringkan cairan.
  6. Setelah dibersihkan, kembali pasang tombol yang tidak berfungsi tadi.
  7. Cek apa keyboard sudah dapat berfungsi dengan normal.

Coba Lepas dan Tukar Keyboard Jika ada

Dengan menukar keyboard dengan keyboard lain, kamu bisa tahu apakah kerusakan ada di hardware atau software. Lakukan tahap-tahap berikut:
  • Buka youtube, dan ketik Remove keyboard + [tipe laptop kamu] pada kolom pencarian untuk tutorial melepas keyboard laptop.
  • Lepaskan juga keyboard laptop lain, lalu pasang di laptop kamu dan coba gunakan.
  • Kalau tidak berfungsi, berarti masalahnya bukan di keyboard kamu (mungkin di laptop atau software).
  • Kalau keyboard barunya berfungsi dengan baik, berarti ada masalah di keyboard kamu.
  • Coba juga pasang keyboard kamu ke laptop lain. Kalau tetap tidak bisa, berarti terbukti ada masalah di hardware keyboard kamu.

Kalau ternyata memang ada masalah di hardware keyboard kamu mengharuskan membeli keyboard yang baru. Harganya biasanya murah, karena banyak barang second garansi oleh toko nya. Kalau kamu mau beli yang asli dan baru biasanya harus menunggu pengiriman dari pusat dan harganya pun sangat mahal.

Demikian artikel tentang Cara Memperbaiki Keyboard Laptop / Notebook Yang Tidak Berfungsi. Mungkin tutorial ini beberapa agak sulit untuk diterapkan. Jadi kamu lakukan semampu yang kamu bisa saja.
Sedikit saran, kalau memang keyboard laptopnya rusak tapi belum ada biaya buat ganti, kamu pakai keyboard eksternal dulu. Harganya juga murah Sekitar 30 – 40 ribuan. Keyboard eksternal ini dijamin akan terbaca karena menggunakan port USB sebagai media untuk menyambungnya.

0 Response to "Cara Memperbaiki Keyboard Laptop / Notebook Yang Tidak Berfungsi "

Posting Komentar

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda

Cari Sesuatu

Adsense Artikel

Google Adsense Artikel 1

Google Adsense Artikel 2

Adsense Bawah Artikel