Banner Sponsor

Definisi Dari Kongesti


Kongesti adalah fenomena jaringan dimana beban yang ditanggung melebihi kapasitas jaringan. Congestion Collapse identik dg istilah: “layu sebelum berkembang”. Dua pendekatan penanganan kongesti (Kontrol Kongesti) adalah reaktif yang mengendalikan kongesti setelah terjadi overload, dan proaktif yang menghindari kongesti sebelum overload terjadi. Kontrol Kongesti dapat dilakukan dengan eliminasi dan reduksi kongesti. Eliminasi dilakukan sebisa mungkin untuk menghindari terjadinya kongesti, sedangkan reduksi dilakukan jika memang terjadi, diupayakan kongesti dikurangi seminimal mungkin. Biasanya kontrol kongesti mengalami awalan yang lambat tetapi kemudian akan mencapai titik keseimbangan.

Terjadinya kontrol kongesti pada jaringan dikarenakan adanya kelebihan beban. Ada dua kemungkinan mengatasi kelebihan beban dalam jaringan :
1.Panggilan yang baru di blok,dan
2.Menyesuaikan dengan situasi jaringan (membuat sumber- sumber baru atau dengan mengurangi perintah di dalam jaringan atau dengan mengurangi tambahan servis).
Ada 3 (tiga) pendekatan utama untuk kontrol kongesti dalam jaringan Frame Relay :
1.User mendeteksi secara implisit daerah kongesti pada jaringan,
2.User dapat mengindikasi jaringan yang mana dari frame-frame mungkin dibuang pada saat terjadi kongesti, dan
3.Pemberitahuan diberikan pada user pada saat jaringan itu sendiri mendeteksi adanya kongesti.

Teknik menghindari kongesti secara implisit digunakan metode dasar prediksi dengan metode Kalman-filter, dengan menggunakan Kalman Congestion Avoidance Scheme (CAS). Observasi throughput pada level particular virtual circuit dapat digunakan untuk menyimpulkan mengenai gambaran status kongesti dalam jaringan. Pengiriman user dapat digunakan sebagai aksi pencegahan untuk menghindari kongesti sebelum benar-benar terjadi, atau alternatif/kemungkinan lain terjadi penambahan jumlah aliran trafik yang diharapkan dapat mengantisipasi beban pada jaringan.
Skema ini memerlukan 4 (empat) tahap :
1.Observasi throughput.
2.Membuat prediksi level kongesti.
3.Keputusan dibuat sesuai untuk menambah atau mengurangi beban trafik.
4.Window ditambahkan atau dikurangi dalam line dengan tegas.

0 Response to "Definisi Dari Kongesti"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel