Banner Sponsor

Jaringan 5G Akan Diterapkan 2020 Siapa Ya Penemunya

5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler meleibih standar 4G. Teknologi generasi kelima ini direncanakan akan resmi diliris untuk sistem operasi seluler pada 2020, sehingga saat ini masih terlalu dini untuk mengetahui akan seperti apa teknologi 5G tersebut
Jaringan 5G Akan Diterapkan 2020

Generasi kelima jaringan nirkabel untuk komunikasi mobile tersebut dikatakan mampu memberikan kecepatan hingga 1.000 kali lebih cepat dari akses Internet 4G.Namun, penelitian untuk 5G lebih lanjut masih diperlukan. Sebagaimana handset Samsung telah melakukan uji coba akses Internet 5G tahun lalu, yang mencapai kecepatan puncak 7.5 Gbps, atau 30 kali lebih cepat daripada koneksi 4G rata-rata.Jaringan akses Internet 5G diklaim akan menjadi kunci untuk mengembangkan teknologi lain, seperti Internet of Things (IoT) dan mobil driverless. 

Keunggulan dari teknologi 5G ini:
Teknologi 5G belum dapat dipastikan seperti apa keunggulan dan kekurangannya karena saat ini hal itu masih berupa konsep.Tetapi dari konsep-konsep yang diciptakan tersebut, terdapat beberapa konsep yang menjadi tujuan utama dari teknologi 5G, yaitu:
Kecepatan data yang lebih signifikan dari 4G.
Memiliki transfer data dari satu telepon ke telepon lain dengan kecepatan satu mili detik.
Dapat terkoneksi dengan alat seperti telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga.
Teknologi 5G diprediksi memiliki kecepatan sekitar 800Gbps, atau seratus kali lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya. Dengan kecapatan seperti itu, teknologi 5G bisa memungkinkan untuk mengunduh 33 film High Definition hanya dalam beberapa detik

Telah diujicoba Dalam sebuah demonstrasi 5G yang dilakukan perusahaan Ericsson menggunakan interface radio dan teknologi Multiple-Input Multiple-Output (MIMO), teknologi 5G menghasilkan hasil kecepatan hingga 5 Gbps pada jaringan frekuensi 15 GHz
Sosok yang dianggap Penemu 5G 
Setelah disuguhi dengan kecepatan internet 4G LTE, dunia akan segera menyambut teknologi 5G. Negara-negara maju seperti di Eropa, Korea Selatan dan Jepang sudah siap untuk mengembangkan jaringan generasi kelima tersebut. Walaupun sudah banyak rumor yang menyebutkan berbagai kehebatan yang akan ditampilkan jaringan 5G, nyatanya 5G masih dalam tahap percobaan. Lalu siapakah orang-orang yang ada dibalik teknologi 5G ini? Dari manakah penemu 5G ini berasal? Informasi lengkapnya bisa Anda simak berikut ini.

Michael Lemke dianggap sosok penemu 5G. Penemu 5G melakukan penelitian di Dresden University of Technology yang dimulai sejak Januari 2016. Perkembangan 5G digunakan untuk dasar Internet of Things, smart city dan telemedicine

Untuk mewujudkan teknologi canggih tersebut negara Jerman sudah bersiap diri melalui Dresden University of Technology yang dimulai sejak Januari 2016. Di tempat ini terdapat laboratorium khusus yang dinamakan 5G Lab Germany. Dengan melibatkan 22 profesor dan bekerjasama dengan 600 karyawan dari penyedia internet seperti Vodafone, Nokia, Ericcson dan Bosch, mereka siap mewujudkan jaringan masa depan tersebut. Pengembangan teknologi 5G ini dipimpin oleh Frank Fitzek dari Deutsche Telekom.

Perkembangan 5G di Dunia
Tadinya teknologi 5G ini hanya diibaratkan mimpi dan isapan jempol belaka. Namun tak ayal semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan kebutuhan internet yang melonjak, membuatnya menjadi kenyataan. Dengan kehebatan akses internet cepat bak hembusan peluru dan periode latency milisecond yang tidak dirasakan manusia membuat banyak orang tak sabar untuk menikmatinya. Lemke juga menambahkan bahwa masalah-masalah seperti putusnya koneksi, kelebihan beban pada radio cell serta batasan untuk volume data pada paket data akan cepat ditangani. Bahkan dia juga mengungkapkan bahwa dengan teknologi 5G Anda akan selalu mendapatkan sinyal kemanapun Anda pergi.

Selain itu teknologi 5G menjanjikan setiap perangkat akan dapat terhubung dengan internet. Dengan kata lain, teknologi 5G merupakan komponen utama dari pengembangan Internet of Things. Pengembangan Internet of Things sendiri nantinya akan merambah jalanan, pabrik, sarana umum, transportasi umum hingga menjangkau seluruh kota. Jika kondisi tersebut dapat tercapai maka akan terwujudlah sebuah konsep smart city.

Selain internet of things, penelitian teknologi 5G juga akan menjangkau banyak hal. Kedepannya, teknologi 5G dapat digunakan untuk VR goggles dan sarung tangan mekanik yang dapat berinteraksi secara real time dengan objek fisikal bahkan manusia yang jaraknya ratusan kilometer. Penerapannya bisa dimanfaatkan pada dunia kesehatan seperti telemedicine, dimana seorang dokter dapat melakukan operasi melalui internet dengan media VR goggles tersebut.

Sosok penemu 5G kenyataannya berasal dari negara maju seperti Jerman. Michael Lemke yang dianggap sebagai salah satu penemu 5G optimis akan terwujudnya jaringan masa depan yang sangat hebat tersebut. Bahkan dia menyebut bahwa 2020 dunia siap menyongsong teknologi 5G.

Referensi https://www.silicon.co.uk/mobility/4g/5g-nokia-networks-launch-163576 dan website lainnya

0 Response to "Jaringan 5G Akan Diterapkan 2020 Siapa Ya Penemunya"

Post a Comment

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel