Banner Sponsor

Mengecas HP Agar Hemat Baterai

Mengecas HP Agar Hemat Baterai

Hampir semua orang sekarang ini punya HP atau Smartphone masih belum paham bagaimana caranya ngecas yang benar agar baterai awet. tentu tujuannya agar baterai smartphone Anda menjadi lebih awet.

Walaupun terdapat beberapa tipe hp yang menyediakan spare part baterai, akan tetapi ketika kita mampu menjaga baterai asli tentu lebih baik ketimbang membeli baru.

Salah satu penyebab mengapa terkadang baterai panas saat di charge atau cas adalah karena kesalahan ketika proses pengecasan. Suhu panas yang dihasilkan tentu berakibat tidak baik bagi baterai Anda.

Tips Ngecas HP yang baik agar baterai Anda lebih awet dan tahan lama
Pada artikel ini juga akan di ulas bagaimana caranya agar saat cas hp Anda tidak panas. Karena semakin dingin suhu baterai itu semakin baik dan akan mampu membuat baterai lebih awet lagi.

Menggunakan charger Yang Original atau Asli
Ada baiknya Anda gunakan charger asli. Sebab charger yang asli biasanya memang didesain khusus untuk tipe HP yang digunakan. Misalkan dari sisi voltase dan ampere yang pas dengan perangkat HP Anda.
Dengan konfigurasi yang pas sudah pasti suhu panas akan terhindar karena pengisian akan sesuai dengan prosedur kebutuhan baterai Anda.
Berbeda dengan ketika Anda menggunakan charger sembarangan, bisa jadi arus yang masuk ke baterai HP Anda lebih besar atau mungkin lebih kecil. Hal ini justru dapat membuat baterai lambat penuh dan mungkin over heat atau panas.

Untuk itu, usahakan agar selalu menggunakan charger asli ketika melakukan charging. Jika charger asli Anda rusak atau hilang, lakukan konsultasi dengan counter yang memang menyediakan charger asli sesuai dengan merek smartphone Anda.
Hindari meminjam charger, apalagi charger tersebut merupakan dari merek yang berbeda. Tentu akan terdapat perbedaan konfigurasi.
Selain itu, Anda dapat mempelajari berapa Ampere dan Voltase pada HP Anda, kemudian lihat bagian charger apakah sesuai dengan kebutuhan HP Anda.

Hindari 100% Bahkan Lebih Lama
Mungkin juga sebagian besar orang berfikir bahwa ngecas ampe full 100% Bahkan Lebih Lama  itu baik. Padahal tidak demikian. Lebih baik Anda melakukan charging sekitar 90 persenan saja itu lebih baik.
Karena anda bisa belajar bagaimana cara kerja baterai li ion dan. Terdapat beberapa penjelasan ilmiah tentang hal tersebut,   ada penjelasan ilmiah yang mendukung.
Untuk itu, hindari melakukan charging atau cas Hp terlalu lama. Selalu perhatikan presentasi pengisian yang tertera pada layar smartphone Anda untuk menghindari pengisian yang terlalu full atau 100%.
Nah, tentu Anda semakin paham sekarang bukan? Bahwa anggapan mengisi HP penuh 100% itu sangat tidak disarankan.

Menjaga dikisaran 30% sampai 90%
Ketika baterai HP kamu mendekati 30%. Segera lakukan pengecasan. Pola seperti ini paling ideal menurut beberapa sumber. Ada penjelasan ilmiah dengan pola semacam ini. Metode ini dipercaya dapat membuat siklus atau life cycle baterai HP Anda menjadi lebih lebih lama.
Untuk itu, hindari mengecas HP ketika sudah 0%. Namun hindari juga mengecas hp sampai dengan kondisi full 100%.
Seperti penjelasan pada poin sebelumnya yaitu di kisaran 90% saja itu lebih baik untuk menambah awet baterai Anda.

Turunkan Kontras Layar
Agar proses pengisian dapat berjalan lebih lancar dan cepat, ada baiknya Anda menurunkan kontras layar. Mengapa? Sebab semakin terang kontras layar HP Anda maka semakin tinggi pula konsumsi daya yang digunakan.
Dengan reduce kontras atau meredupkan pencahayaan layar, maka sudah dapat dipastikan daya masuk dari charger full ke baterai tanpa terganggu penggunaan lain.

Disable sementara jaringan internet
Jika memang Anda tak membutuhkan chat atau video call saat charging, Anda bisa mendisable sementara jaringan internet pada ponsel Anda. Sebab daya yang terpakai sangat tinggi sekali saat ponsel mengambil data internet.
Nah ketika Anda mengecas Hp Anda dengan kondisi internet disable, maka sudah dapat dipastikan daya yang masuk ke baterai sesuai dan lebih efektif.
Cara ini mungkin tidak cocok bagi Anda yang memang membutuhkan koneksi secara real time terus menerus.

Stop aplikasi yang sedang berjalan
Ada beberapa ponsel pintar yang memang mendukung aplikasi berjalan secara latar belakang. Artinya aplikasi tersebut berjalan meskipun tak terlihat di screen depan.
Untuk melihat hal ini, Anda bisa mencoba membuka pengaturan dan melihat aplikasi apa saua yang sedang berjalan secara background. Dari pengaturan tersebut, Anda bisa mendisable sementara agar proses charging atau cas dapat berjalan dengan baik.

Shut down Hp jika perlu
Melakukan charging dengan shut down perangkat lebih baik ketimbang beberapa cara diatas seperti dengan mendisable jaringan atau memadamkan background aplikasi.
Memang melakukan cas saat Hp menyala bukanlah kesalahan, akan tetapi dengan mematikan ponsel maka proses charging dapat lebih cepat. Hal ini terbukti dan berhasil membuat proses cas menjadi lebih cepat.

Hindari keseringan menggunakan power bank
Seperti pada poin sebelumnya untuk menggunakan cas asli. Maka sebenarnya pada poin ini sama saja. Sebab out put yang dikeluarkan oleh power bank bisa saja berbeda dengan daya pada charger Anda.
Pelajari dengan teliti terlebih dahulu spesifikasi Hp Anda dan sesuaikan dengan power bank yang Anda gunakan.
Alangkah lebih baik jika Anda tidak terlalu sering menggunakan power bank untuk menghindari kesalahan konfigurasi pada daya yang masuk ke ponsel Anda.

Hindari cas menggunakan port USB
Begitu juga dengfan cas port USB sudah pasti berbeda dengan cas bawaan ponsel Anda. Untuk itu, mengecas Hp menggunakan USB laptop atau komputer sebaiknya di hidnari. Kecuali  Anda membutuhkan transfer data dengan mode USB.
USB lapotp atau komputer memiliki daya yang berbeda dengan cas asli Hp Anda. Karena memang desain USB bukan untuk charging melainkan untuk transfer data dan untuk port beberapa hardware selain charging.

Lepas Casing HP agar suhu tetap dingin
Suhu dingin merupakan suhu yang paling efektif bagi perangkat ponsel Anda.  Hindari memainkan Hp pada cas, sudah pasti suhu akan meningkat dan ini tidak baik bagi ponsel Anda.
Untuk itu, cobalah membuka kasing agar ponsel Anda tetap dingin ketika proses charging sedang berlangsung.
Itulah beberapa tips yang mungkin bisa menambah pengetahuan anda tentang bagaimana caranya agar proses pengecasan hanphone baterai Anda bisa awet lebih tahan lama. 

0 Response to "Mengecas HP Agar Hemat Baterai "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel