Banner Sponsor

Teknologi AI (Artificial Intelligence) Trends serta Contohnya

Teknologi AI (Artificial Intelligence) Trends serta Contohnya

Secara awam, AI (Artificial Intelligence) atau dalam bahasa indonesia Kecerdasan Buatan yaitu suatu studi khusus di mana tujuannya utamanya adalah membuat komputer berpikir dan bertindak seperti halnya manusia. Dengan kata lain adalah penyederhanaan solusi untuk kasus-kasus yang bersifat kompleks dan berulang-ulang, mempermudah interaksi orang awam melalui teknologi, meningkatkan produktifitas, lebih cepat menyelesaikan masalah, dimungkinkannya penggabungan dua atau lebih teknologi para pakar.

Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence) atau hanya disingkat AI, didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”.Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotika.

AI atau kecerdasan buatan dapat diartikan sebagai teknologi komputer yang memiliki kecerdasan seperti manusia. Kecerdasan buatan dapat memudahkan sebuah pekerjaan di smartphone. Pada kamera, AI dapat meningkatkan kualitas kamera secara lebih maksimal. Kehadiran AI di kamera juga dapat membuat segala pengaturan gambar berjalan secara otomatis.

Dengan AI, antarmuka kamera smartphone dapat mendeteksi objek dalam frame foto secara otomatis, baik itu foto pemandangan yang diambil secara landscape atau foto diri dengan mode portrait dengan detail yang lebih tajam. Lalu, memaksimalkan setting kamera sehingga menghasilkan hasil foto yang maksimal kualitasnya. Bagi pecinta selfie, AI mampu mengenal wajah seseorang dengan teknologi facial recognition dan memberikan efek beauty yang disesuaikan dengan kontur muka pengguna.

Trends Teknologi AI menurut 'Forbes'

Natural Language Generation 
Bahasa awamnya adalah sebagai bahasa alami versi digital, kemudian akan dimengerti oleh manusia, terjadi komunikasi dua arah. Secara teknis sangat rumit dan menantang tapi justru inilah para ahli ingin coba membuktikannya. Kedepan teknologi ini akan mampu membuat ringkasan sebuah laporan, kalkulasi pasar dan lain sebagainya.

Speech Recognition 
Pengenalan ucapan, kelak teknologi ini akan mampu membaca suara manusia menjadi format yang bisa diterapkan dalam kerja komputer, contoh yang saat ini adalah seperti pengenalan suara berdasarkan perintah suara menjadi lebih interaktif dan untuk aplikasi mobile. Kalau ente lihat Siri, Cortana dan Google Now itu adalah contoh sederhananya. Sedangkan NICE, Nuance Communications, OpenText dan Verint Systems adalah deretan pengembang teknologi ini.

Machine Learning Platforms 
Mesin pintar yang mampu bekerja sendiri berdasarkan kecerdasan buatan. Kedepan teknologi ini harus bisa mempermudah kerja manusia. Dengan menyediakan API (antarmuka pemrograman aplikasi), alat pengembangan dan pelatihan, data base besar, aplikasi-aplikasi dan mesin lainnya, platform pembelajaran mesin, setiap hari kedepannya semakin menjanjikan dan semakin menarik. Memprediksi atau klasifikasi adalah hal yang saat ini bisa dimanfaatkan dari teknologi ini.

Virtual Agents 
Tidak diragukan lagi, hadirnya Virtual Agents ini mengalami kebangkitan yang luar biasa perihal 'bots obrolan' mengalami kebangkitan yang pesat, kemajuan teknologi dan inovasi nya makin diperhitungkan. Virtual Agents banyak digunakan sebagai layanan pelanggan dan dukungan sebagai smart home manager. Beberapa perusahaan yang menyediakan agen virtual meliputi Amazon, Apple, Solusi Buatan, AI Assist, Creative Virtual, Google, IBM, IPsoft, Microsoft, Satisfi.


Decision Management 
Nantinya mesin cerdas akan mampu mengenalkan aturan dan logika pada sistem kecerdasan buatan dan dapat digunakan untuk penyiapan awal / pelatihan, pemeliharaan dan penyetelan yang berkesinambungan. Teknologi ini akan banyak digunakan di berbagai macam aplikasi perusahaan, membantu atau melakukan pengambilan keputusan secara otomatis. Beberapa perusahaan yang sudah menyediakan adalah Advanced Systems Concepts, Informatica, Maana, Pegasystems, UiPath.

AI-Optimized Hardware 
Perusahaan melakukan investasi besar-besaran di ML / AI ini dengan model desain perangkat keras, bertujuan untuk mempercepat akselerasi aplikasi generasi berikutnya. Unit pengolahan grafis (GPU) dan peralatan yang dirancang khusus, dirancang secara efisien untuk menjalankan pekerjaan komputasi berorientasi AI.
Beberapa perusahaan yang berfokus pada AI-Optimized Hardware adalah Alluviate, Cray, Google, IBM, Intel, Nvidia.

Deep Learning Platforms 
Deep learning adalah bidang yang paling cepat berkembang dan tren baru dalam pembelajaran mesin. Satu set algoritma yang menggunakan jaringan syaraf tiruan untuk dipelajari dalam multi level, sesuai dengan tingkat abstraksi yang berbeda. Beberapa aplikasi pembelajaran yqng le ih jauh adalah pengenalan ucapan otomatis, pengenalan gambar / pengenalan karakter optik, NLP, dan klasifikasi / pengelompokan / prediksi hampir di semua struktur yang dapat dirasakan dan di digitasi.

Robotic Process Automation 
Otomatisasi proses robot bekerja dimungkinkan berkat skrip dan metode yang meniru dan mengotomatisasi tugasnya manusia untuk mendukung proses perusahaan. Karena terlalu mahalnya atau tidak efisiennya jika dikerjakan oleh manusia untuk pekerjaan atau tugas tertentu maka teknologi ini sangat efisien.
Kita perlu mengingat kecerdasan buatan ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan manusia, melainkan untuk melengkapi kemampuan mereka dan memperkuat talenta manusia.

Text Analytics and NLP 
Natural language processing (NLP) atau Pengolahan bahasa alami, berkaitan dengan interaksi antara komputer dan bahasa manusia (alami). Teknologi ini menggunakan analisis teks untuk memahami struktur kalimat yang diterima, serta makna dan niatnya, melalui metode statistik dan pembelajaran mesin.

Biometrics 
Teknologi ini berkaitan dengan identifikasi, pengukuran dan analisis aspek fisik struktur tubuh, bentuk dan perilaku manusia. Hal ini memungkinkan interaksi yang lebih alami antara manusia dan mesin, termasuk interaksi yang terkait dengan sentuhan, citra, ucapan dan pengenalan bahasa tubuh. Teknologi ini sekarag sudah banyak digunakan untuk riset pasar. Pemasok teknologi ini meliputi 3VR, Affectiva, Agnitio, FaceFirst, Sensory, Synqera dan Tahzoo.


Contoh Penerapan Artificial Intelligence Yang Populer Saat Ini

Siri
Siri adalah salah satu asisten pribadi virtual paling populer yang ditawarkan oleh Apple di iPhone dan iPad. Asisten yang diaktifkan sebagai suara perempuan ramah berinteraksi dengan pengguna dalam rutinitas sehari-hari. Dia membantu Anda menemukan informasi, mendapatkan petunjuk arah, mengirim pesan, melakukan panggilan suara, membuka aplikasi, dan menambahkan acara ke kalender.

Siri menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk mendapatkan pertanyaan dan permintaan bahasa alami yang lebih cerdas dan mampu memahami. Ini pasti salah satu contoh paling ikon dari kemampuan belajar pada mesin smartphone.

Tesla
Tidak hanya smartphone tetapi mobil juga sudah bergeser ke arah Artificial Intelligence. Tesla adalah sesuatu yang meniadakan driver manusia. Ini adalah salah satu teknologi mobil terbaik yang tersedia sampai sekarang. Mobil ini tidak hanya mampu meraih banyak penghargaan tetapi juga fitur seperti mengemudi sendiri, kemampuan prediktif, dan inovasi teknologi mutlak.
Jika Anda seorang pecandu teknologi dan bermimpi memiliki mobil seperti yang ditampilkan di film-film Hollywood, Tesla adalah salah satu yang contoh teknologi mobil canggih.

Cogito
Cogito awalnya didirikan oleh Dr Sandy dan Joshua adalah salah satu contoh terbaik dari aplikasi kecerdasan buatan versi perilaku untuk meningkatkan layanan pelanggan perusahaan. Perusahaan ini adalah sintesis pembelajaran mesin dan ilmu perilaku untuk meningkatkan kolaborasi pelanggan dengan para call center.
Cogito digunakan pada jutaan panggilan suara yang dilakukan setiap hari. Contoh penerapan Artificial Intelligence dengan menganalisis suara manusia dan memberikan panduan untuk memberikan pelayanan maksimum.

Netflix
Netflix tidak memerlukan pengenalan – ini adalah layanan konten-on-demand yang sangat populer yang menggunakan teknologi prediktif untuk menawarkan rekomendasi berdasarkan reaksi, minat, pilihan, dan perilaku konsumen. Teknologi ini memeriksa dari sejumlah catatan untuk merekomendasikan film berdasarkan kecintaan dan reaksi Anda sebelumnya.
Aplikasi ini menjadi lebih cerdas setiap tahun. Satu-satunya kelemahan dari teknologi ini adalah film kecil akan luput dari perhatian sementara film-film besar tumbuh dan menyebar di platform. Tapi seperti yang saya tulis sebelumnya, itu masih meningkat dan belajar menjadi lebih cerdas.

Pandora
Pandora adalah salah satu solusi teknologi artificial intelligence yang paling populer dan sangat detil. Ini juga disebut DNA musik. Tergantung pada 400 karakteristik musik, tim musisi ahli secara individual menganalisis lagu tersebut. Sistem ini juga bagus dalam merekomendasikan rekam jejak untuk merekomendasikan lagu yang tidak pernah diperhatikan, meskipun disukai orang.

Nest Learning Thermostat (Google)
Nest adalah salah satu startup contoh penerapan Artificial Intelligence paling terkenal dan sukses dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2014 seharga $ 3,2 miliar. Nest Learning Thermostat menggunakan algoritme perilaku untuk menghemat energi berdasarkan perilaku dan jadwal Anda.
Ini menggunakan proses pembelajaran mesin yang sangat cerdas yang mempelajari suhu yang Anda suka dan program itu sendiri dalam waktu sekitar satu minggu. Selain itu, secara otomatis akan mati untuk menghemat energi, jika tidak ada orang di rumah.
Bahkan, ini adalah kombinasi keduanya – kecerdasan buatan serta Bluetooth rendah energi karena beberapa komponen solusi ini akan menggunakan layanan dan solusi BLE.

Boxever
Boxever adalah perusahaan yang sangat bergantung pada pembelajaran mesin untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam industri perjalanan dan menyampaikan momen mikro atau pengalaman yang dapat memuaskan pelanggan.
Boxover secara signifikan meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui pembelajaran mesin dan Kecerdasan Buatan untuk mengatur lapangan bermain, membantu pelanggan menemukan cara baru dan membuat perjalanan yang tak terlupakan.

Flying Drones
Drone sudah mengirimkan produk ke rumah pelanggan – meskipun dalam mode uji coba. Mereka menunjukkan sistem pembelajaran mesin yang kuat yang dapat menerjemahkan lingkungan ke dalam model 3D melalui sensor dan kamera video.
Sensor dan kamera dapat melihat posisi drone di ruangan dengan menyambungkannya ke langit-langit. Algoritma generasi lintasan memandu drone tentang bagaimana dan kemana harus bergerak. Dengan menggunakan sistem Wi-Fi, kita dapat mengendalikan drone dan menggunakannya untuk tujuan tertentu – pengiriman produk, pembuatan video, atau pelaporan berita.

Alexa
Alexa diluncurkan oleh Amazon, yang semakin pintar dan menambahkan fitur baru. Ini adalah produk revolusioner yang dapat membantu Anda mencari informasi di web, mengatur janji, berbelanja, mengontrol lampu, switch, termostat, menjawab pertanyaan, membaca audiobook, melaporkan lalu lintas dan cuaca, memberikan info tentang bisnis lokal, memberikan skor dan jadwal olahraga , dan lainnya menggunakan Layanan Suara Alexa.

Masih banyak yang akan datang di tahun-tahun mendatang dengan lebih banyak perbaikan, pengembangan, dan penerapannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel