Banner Sponsor

Cara Agar Pelanggan Puas Toko Online Anda

Cara Agar Pelanggan Puas Toko Online Anda

Menjual secara online seperti salah satu contohnya di unicorn yang sedang trend saat ini dengan brand seperti tokopedia, shopee, atau situs kita sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menjual secara offline di toko atau di lapak. Kemungkinan perbedaannya biasanya lebih pada bagaimana menangkap atau menanggapi  pelanggan, proses transaksi, dan proses pengiriman barang serta pelayanan ramah.

Untuk menarik pelanggan, situs jejaring sosial dan situs web iklan menjadi pilihan penjual untuk menyebarkan promosi sambil berinteraksi langsung dengan pelanggan potensial. Kemudian, proses transaksi pembayaran dilakukan dengan cara transfer melalui bank, atau untuk daerah-daerah tertentu terkadang toko online menyediakan jasa pengiriman atau COD  atau cash on delivery (bayar saat barang diterima). Dan akhirnya, pengiriman barang biasanya menggunakan jasa ekspedisi kurir atau kurir pribadi hingga barang diterima oleh pelanggan.

Bagi konsumen, belanja online sebenarnya rumit. Masalahnya adalah, konsumen tidak dapat melihat barang secara langsung, hanya berdasarkan foto yang diposting oleh penjual dan deskripsi singkat produk. Tak jarang konsumen merasa kecewa atau bahkan merasa tertipu karena barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi. Karena itu, sangat penting bagi setiap pedagang online untuk menerapkan kejujuran dan detail dalam memberikan deskripsi produk yang dijual.
Berikut ini adalah cara agar pelanggan puas toko online anda:

  • Berikan gambaran yang jelas tentang produk, termasuk kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut.
  • Saat menampilkan foto produk, jelaskan apakah ada efek pencahayaan yang mungkin membuat warna aslinya sedikit berbeda.
  • Berikan respons yang baik dan sopan untuk setiap pertanyaan pelanggan. Namun, jangan juga merasa ragu untuk mengingatkan pelanggan jika ada orang yang tidak mengerti aturan permainan, seperti jika ada panggilan  atau chat larut malam sementara kita hanya bisa melayani selama jam kerja.
  • Jangan memaksakan terlalu banyak jika ternyata pelanggan belum atau tidak mau membeli. Terlalu memaksa biasanya membuat pelanggan merasa dikejar dan tidak nyaman.
  • Saat mengepak barang, pastikan barang yang akan dikirim sesuai dengan pesanan dan tidak rusak. Pastikan juga kemasannya rapi dan rapat dalam amplop khusus untuk menghindari kerusakan dalam proses pengiriman. Jika perlu, untuk barang yang lebih besar dan lebih besar, gunakan kardus dan kemudian tutup dengan kertas khusus untuk pengiriman paket. Jangan hanya plastik tipis dan lakban. Karena banyak pelanggan puas ketika barang dipesan dengan rapi, aman, dan privasi terjaga.
  • Berikan beberapa pilihan jasa kurir atau ekspedisi, karena di beberapa tempat layanan berbeda dan tidak jarang pelanggan akan memilih biaya pengiriman termurah.
  • Jangan lupa untuk selalu memberikan konfirmasi bahwa barang telah dikirim dengan menyertakan nomor resi pengiriman.

Tambahan dengan selogan atau tanda tangan atau auto chat Kepuasan pelanggan adalah kunci penjualan terbaik kami ketika pelanggan tahu bahwa mereka dilayani dengan baik, mereka tidak akan ragu untuk membeli barang dagangan kami nanti. Demikiablah saran singkat dan pengalaman saya belanja dan berjualan mungkin ada tambahan atau saran silakan berkomentar

0 Response to "Cara Agar Pelanggan Puas Toko Online Anda"

Post a Comment

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel