-->

Perbedaan PS4 FAT, Slim dan Pro

PlayStation 4 yang memiliki 3 varian tipe yang berbeda maka hal penting yang harus selalu kita ingat sebelum membeli PlayStation 4, varian  PlayStation 4 FAT, Slim, dan juga Pro. Mungkin banyak diantara kita yang masih bingung mengenai perbedaan antara 3 varian game konsol tersebut, pada artikel kali ini kktara.com akan mencoba membahasnya.


Berikut adalah Perbedaan PlayStation 4 FAT, Slim dan Pro :

PlayStation 4 FAT

Untuk ukuran, sesuai namanya PlayStation 4 FAT ini berukuran cukup besar dan juga cukup berat namun jika dibandingkan dengan dua varian lainnya, tipe yang satu ini bisa dibilang berada dipertengahan dan tidak terlalu banyak membutuhkan ruang untuk menyimpannya. Menariknya, saat PlayStation 4 FAT ini dalam keadaan menyala kamu bisa melihat garis cahaya biru yang menjadikannya terlihat lebih artistik.

Dari segi Penampilan PlayStation 4 FAT bisa dibilang memiliki penampilan paling berani karena menambahkan sentuhan panel glossi pada bagian depannya, walaupun terlihat lebih keren namun panel glossi ini juga mudah terkena noda tangan dan debu yang menempel. Tombol power berupa tochscreen yang terkadang mudah sekali tersentuh secara tidak sengaja. 


PlayStation 4 Slim

PlayStation 4 bisa dibilang telah memenangkan persaingan di industri konsol generasi saat ini. Konsol andalan Sony ini telah terjual sebanyak lebih dari 90 juta unit hingga tahun 2019 ini. Tentunya ini menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa mengingat PlayStation 3 saja yang notabene merupakan konsol generasi sebelumnya hanya bisa terjual sebanyak 80 juta unit hingga masa kejayaannya berakhir.

Itu semua berkat usaha yang dilakukan Sony untuk memperbaiki kesalahannya dimasa lalu, dari mulai mengembangkan konsol dengan spesifikasi hardware yang mempuni hingga menginvestasikan lebih banyak dana untuk studio bertalenta dibawah naungannya. Akibatnya, tahun 2018 kemarin merupakan masa panen untuknya, dimana game-game eksklusif berkualitas bermunculan dan memperoleh review positif.

Jadi masih ragu untuk membeli PS4 saat ini? Namun ada hal penting yang harus selalu kamu ingat sebelum membelinya, bahwa PlayStation 4 saat ini memiliki 3 varian tipe yang berbeda. Ada PlayStation 4 FAT, Slim, dan juga Pro. Mungkin banyak diantara kamu yang masih bingung mengenai perbedaan antara 3 varian konsol tersebut, oleh karena itu penulis akan mencoba menjawabnya di artikel kali ini.

PlayStation 4 Pro

PlayStation 4 Pro merupakan tipe dengan ukuran paling besar dan paling berat. Bentuknya hampir menyerupai PlayStation 4 Slim, namun ada laipsan baru ditengahnya yang membuatnya kini terlihat seperti roti lapis tiga.
Sama seperti versi slim, tipe ini juga menggunakan physical power button dan panel glossi juga tidak disertakan lagi. Karena ukurannya paling besar kamu membutuhkan ruang yang lebih besar untuk menyimpan PlayStation 4 Pro ini.


Tabel Perbandingan Spesifikasi PlayStation 4 FAT, Slim dan Pro:

Perbandingan

PS4 Fat

PS4 Slim

PS4 Pro

Dimensi dan Berat

305 x 275 x 53 mm, 2.8 Kg

288 x 265 x 39 mm, 2.1 Kg

288 x 265 x 39 mm, 2.1 Kg

Konektivitas

2x USB 3.0

2x USB 3.1

3x USB 3.1

1x Gigabit Ethernet

1x Gigabit Ethernet

1x Gigabit Ethernet

1x PS Camera

1x PS Camera

1x PS Camera

Optical Audio output

Optical Audio output

HDMI 1.4

HDMI 1.4

HDMI 2.0

Spesifikasi

CPU 1.6GHz 8-core AMD Jaguar

CPU 1.6GHz 8-core AMD Jaguar

CPU 2.1GHz 8-core AMD Jaguar

GPU 1.84 TFLOP AMD Radeon (18CU, 800MHz)

GPU 1.84 TFLOP AMD Radeon (18CU, 800MHz)

GPU 4.2 TFLOP AMD Radeon (36CU, 911MHz)

8GB GDDR5 RAM

8GB GDDR5 RAM

8GB GDDR5 + 1GB RAM

Para developernya hingga saat semakin meningkatkan kualitas visual pada setiap game yang disajikan, sehingga membuat kebutuhan mulai dari spesifikasi hardware untuk menjalankannya semakin meningkat. Sehingga berdampak pada game yang bukan eksklusif PS4, kualitas visualnya kalah jauh dari versi PC. Hingga Sony pun memutuskan untuk menghadirkan varian konsol dengan kekuatan yang lebih mempuni mulai dari  PS 1 Hingga versi saat ini.

Dari segi spesifikasi hardware, PS4 Pro melebihi dua konsol PS4 sebelumnya. Hal ini disebabkan dukungan GPU AMD Polaris baru yang diklaim Sony mampu bekerja dua kali lebih cepat dari GPU yang terpasang di PS4 (FAT) dan PS4 Slim. Meskipun hardware lain yang digunakan pada kedua versi PS4 Pro dengan PS4 Biasa tidak memiliki perbedaan, tapi PS4 Pro memiliki GPU yang sudah 4.20 TFLOPS.

Karena peningkatan performa pada GPU-nya tersebut, otomatis daya yang dibutuhkan PS4 Pro juga jauh lebih besar. Jika pada PS4 biasa hanya membutuhkan daya 165W, maka pada PS4 Pro bisa mencapai 310W, atau dua kali lipatnya. Untuk Prosessor, Ram, BD/DVD Drive, Ethernet, Bluetootth ataupun WiFi, keduanya masih di-support dengan spesifikasi hardware yang sama. PS4 Pro juga masih dipersenjatai harddisk 1 TB dan RAM 8 GB. Namun, PS4 Pro sudah dibekali HDMI out port (supports 4K/HDR) serta Digital Out (Optical) port.


Demikianlah Perbedaan PlayStation 4 FAT, Slim dan Pro Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi kamu sebelum membeli PS4


0 Response to "Perbedaan PS4 FAT, Slim dan Pro"

Posting Komentar

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda

Cari Sesuatu

Adsense Artikel

Google Adsense Artikel 1

Google Adsense Artikel 2

Adsense Bawah Artikel