-->

Pertimbangan Sebelum Memilih Tempat Hosting


Penyedia layanan hosting merupakan sebuah tempat penampungan situs web. Jika anda memiliki situs web dan ingin membuatnya bisa diakses secara online, maka layanan hosting merupakan suatu kebutuhan yang paling  dibutuhkan untuk situs web yang kita kelola. 

Layanan hosting berperan penting terhadap situs web yang akan kita kelola mulai dari panel, fitur hingga membuatnya tetap online berjalan setiap saat dengan begitu tanpa khawatir jika situsweb tidak dapat diakses.

Adapun berbagai jenis layanan hosting yang melayani kebutuhan situs website untuk bisnis seperti beberapa perusahaan web hosting ada yang memenuhi kebutuhan situs web anda secara langsung. Adapun juga perusahaan web hosting yang hanya memberikan anda hosting saja tanpa memenuhi kebutuhan anda secara langsung.

Mengonlinekan situs web anda merupakan sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan ketika memilih layanan hosting yang benar-benar memiliki kualitas terbaik. 

Berikut beberapa hal yang perlu di pertimbangan dalam memilih tempat hosting:

Performa Server

Semua hosting terbaik pasti memiliki performa server yang sangat baik juga tentunya. Layanan web hosting terbaik di Indonesia maupun luar negeri pasti lebih mengacu pada kinerja server. Pastikan layanan hosting memiliki server dengan kecepatan dan juga stabilitas yang sangat baik.


Bandwidth

Hal pertama yang perlu anda pertimbangkan ketika ingin membeli suatu hosting adalah mengevaluasi ruang penyimpanan untuk kebutuhan bandwidth situs web anda. Jika situs web anda menampilkan banyak gambar, banyak halaman, dan traffic dalam jumlah yang besar. Maka anda membutuhkan bandwidth dan ruang penyimpanan yang begitu besar.


Keamanan

Keamanan juga merupakan masalah yang sangat penting bagi sebagian besar situs web. Memilih penyedia layanan hosting web tanpa mempelajari tentang fitur keamanan yang tersedia merupakan kesalahan besar. Hal-hal seperti firewall, cadangan data dan otentikasi pengguna semua harus dipertimbangkan sebaik mungkin.


Disk Space

Pada dasarnya hosting itu untuk menyimpan data-data pada website seperti gambar, teks, konten dan media lainya. Sema hal pada website anda itu disimpan dalam hosting yang akan dipilh. maka dari itu kita tidak bisa sepelekan disk space pada layanan hosting yang akan anda pesan.


Add On Domain

Pernahkah terlintas di benak anda ketika anda ingin membuat website lagi yang lebih profesional atau website alternatif tetapi hanya tersedia 1 add on domain maka harus menyewa hosting lagi.Jika anda menggunakan layanan hosting yang memiliki fitur add on domain lebih dari 1, anda bisa mengupload/meng-online-kan website anda di hosting yang telah anda pesan sebelumnya.


Gratis SSL

Memiliki website yang dilengkapi dengan fitur SSL adalah hal yang cukup penting dan didambakan para pemilik website yang serius dalam mengurus websitenya. Ciri-ciri website yang menggunakan SSL adalah diawali dengan HTTPS dan bukan HTTP.

Walaupun tidak semua pemilik website membutuhkan SSL, tetapi SSL itu termasuk salah satu hal yang penting dalam menjaga vitalitas data website anda.


Adanya CPanel

Control panel pada hosting juga merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh anda jika anda menggunakan layanan web hosting manapun. cpanel itu sangat penting bagi anda karena anda akan lebih mudah dalam mengatur website anda. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan keuntungan seperti ini jika memiliki cpanel :

  • anda bisa melihat spesifikasi komputer server yang menyimpan data-data anda
  • anda juga bisa melihat database anda dan kebutuhan seperti disk space, bandwidth, dll
  • Jika anda paham, anda bisa memperbaiki website anda sendiri apabila ada yang error

Lebih baik anda memilih hosting yang memiliki fitur cpanelnya sehingga anda akan lebih mudah.


Uptime Server

Semakin besar angka uptime servernya, semakin baik kinerja server hosting tersebut.

Saran saya sebaiknya anda memilih hosting yang memiliki uptime server di atas 99,%. Itu artinya hanya 1% tiap hari, website anda  mengalami down. Jika dihitung, maka website anda akan mengalami down (tidak bisa dibuka) selama 14,4 menit (60 x 24 / 100).

Uptime server yang tinggi itu penting sekali, karena jika anda tidak peduli dengan uptime server dan anda memilih hosting yang buruk, Website anda bisa kehilangan pengunjung, peringkat website turun dimesin telusur serta tidak menutup kemungkinan pengunjung setia anda akan pergi.


Layanan Backup dan Restore

Mengingat tidak ada sistem yang aman, maka website anda termasuk sistem dan sewaktu-waktu bisa diserang oleh orang-orang jahat (hacker) sehingga bukan tidak mungkin data-data yang telah anda buat sebelumnya bisa hilang atau dimodifikasi.

Untuk itulah sangat penting bagi anda untuk membackup data-data website anda sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 


Upgrada dan Downgrade Paket

Jika anda menyewa hosting dengan spesifikasi hosting yang anda pesan yaitu rendah sehingga website anda sering down dan tidak bisa diakses pengunjung atau hosting anda berlebiha sehingga terlalu membuang uang anda atau mubazir.

Jika anda menggunakan hosting yang tidak bisa diupgrade ataupun didowngrade. Pasti repot untuk menaikkan/menurunkan spesifikasi hosting anda.


Dukungan Teknis 24/7

Pada saat menggunakan hosting, pasti tidak semua orang lancar dan banyak juga yang bingung dalam melakukan konfigurasi, belum lagi kalau anda memiliki pertanyaan seputar hosting yang akan anda pesan, pasti lebih mudah jika ada customer services yang siap membantu pertanyaan anda.

Dapat kita bayangkan jika memiliki kendala pada hosting, dan berusaha mencari lewat internet tetapi tidak menemukan solusinya. Itulah pentingnya peranan customer services.

Dan satu hal lagi, sebaiknya pilih layanan penyedia hosting yang memiliki customer services yang ramah dan tidak hanya menjawab dengan seadanya.


Harga

anda patut curiga jika ditawarkan harga yang sangat murah dengan fitur hosting yang cukup tinggi. Biasanya, hosting-hosting normal itu memberikan harga sekitar Rp 20.000 – Rp 50.000 perbulannya untuk space yang kurang lebih 1 GB.

Tetapi ada juga yang menyediakan space yang unlimited (jika space habis maka akan ditambah oleh pihak hosting) dengan harga kisaran Rp 50.000 tiap bulannya. anda bisa menjadikan ini sebagai patokan dalam memilih hosting.

Selain itu, anda juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan website anda. anda jangan melihat hosting dari harganya saja, tetapi sesuaikan kebutuhan. Berapa space yang anda butuhkan, berapa bandwidth yang diperlukan.


Garansi

Walaupun anda sudah yakin bahwa hosting yang anda pilih itu cukup berkualitas dan menyediakan layanan yang baik, anda tetap disarankan untuk mencari garansi. Karena jika sewaktu-waktu layanan hosting anda bermasalah dan berakibat pada website anda, anda tidak terlalu rugi. Rasa kecemasan anda sedikit berkurang jika ada garansi yang diberikan oleh pihak penyedia layanan hosting.


Lokasi Server

Logikanya, jika pengunjung membuka website anda dengan server yang jaraknya cukup dekat dengan mereka, pasti waktu responnya akan lebih cepat jika dibandingkan lokasi server website anda yang jauh dari pengunjung.

Sebelum menentukan lokasi server, anda perlu menganalisis target pasar (pengunjung) anda berasal dari daerah mana. Misalnya pengunjung kebanyakan dari daerah Indonesia, maka anda bisa menggunakan server dari Singapore atau lokal indonesia saja.

Kualitas server lokal indonesia dan Singapore ini tak kalah dengan server di negara maju lainnya seperti Amerika Serikat. 


Testimoni atau Review pengguna

Ketika ada sebuah produk yang dijual pada awalnya orang pasti tidak percaya walaupun penjualnya berkata bahwa produk yang mereka jual berkualitas. Ya, mereka tidak langsung percaya karena yang berkata adalah penjual.

Beda kalau yang berkata orang lain yang pernah menggunakan produk itu sendiri. Pasti orang akan lebih percaya dibandingkan jika pemilik produk yang langsung mengatakannya.

Sebelum anda memilih hosting yang akan anda gunakan, sebaiknya lihat dulu testimoni atau review orang lain yang telah menggunakan produk tersebut. Jika kebanyakan orang puas, maka anda sedikit tidak perlu khawatir dengan produknya begitu juga sebaliknya


Demikianlah pertimbangan penting sebelum memutuskan memlilih tempat hosting, mungkin para sahabat pembaca ada pertanyaan atau ada tambahan bisa kita berdiskusi dikolom komentar. 

0 Response to "Pertimbangan Sebelum Memilih Tempat Hosting"

Posting Komentar

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda

Cari Sesuatu

Adsense Artikel

Google Adsense Artikel 1

Google Adsense Artikel 2

Adsense Bawah Artikel