-->

Apa Itu Reksadana dan Apa saja Keuntungannya

Reksadana merupakan wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi sesuai yang disebutkan pada Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1 ayat 27.

Namun meskipun produk ini paling direkomendasikan Perencana Keuangan, Reksadana belum populer di masyarakat. Salah satu sebabnya adalah Pengertian Reksadana yang masih sering disalah pahami dan literasi masyarakat yang masih belum memahami soal investasi di Reksadana.

Jika Anda sebagai Pemegang Unit Penyertaan Reksadana memiliki pengaduan atau komplain terkait Reksadana, Manajer Investasi wajib menangani pengaduan Anda tersebut, sebagaimana diwajibkan dalam Peraturan OJK.


Keuntungan memilih Investasi Reksadana :


Mudah Untuk Dikelola

waktu yang terbatas serta pengetahuan minim untuk melakukan analisa investasi bukan merupakan sebuah hambatan dalam berinvestasi reksadana. Pengelolaan investasi reksadana ini kita sepenuhnya akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan fee manajer inverstasi ini nvestasi reksadana merupakan kumpulan dari banyak investor, maka fee Manajer Investasi akan dibagi rata oleh semua investor yang dananya ia kelola, sehingga fee Manajer Investasi akan menjadi terjangkau.


Untung Maksimal dengan Biaya Rendah

Alasan paling kuat untuk pilihan reksadana cocok untuk generasi millennials adalah biaya awalnya yang sangat murah kita bisa mulai dari harga sepuluh ribu rupiah kita sudah bisa mulai merasakan manfaat berinvestasi reksadana. Modal yang minim bukan berarti juga keuntungan yang minim. Menurut data Bloomberg keuntungan investasi reksadana beberapa persen di atas keuntungan berinvestasi emas dengan keuntungan hingga 20% dalam waktu satu tahun bahkan lebih 20%.


Lebih Aman

Jangan takut dana mu akan dibawa lari oleh Manajer Investasi atau pihak tidak bertanggung jawab lainnya. Dana investasi reksadana kamu tidak langsung dipegang oleh Manajer Investasi melainkan dana tersebut tersimpan di rekening bank khusus yang biasa disebut dengan bank kustodian.


Transparan

Kamu dapat dengan mudah dan jelas melihat informasi perkembangan portofolio dan biaya secara terus menerus. Kita dapat memantau keuntungan  dari investasi reksadana, biaya, serta risiko setiap saat secara online. Pengelola reksa dana juga wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih setiap harinya di surat kabar dan menerbitkan laporan keuangan Persemester dan tahunan juga prospektus yang dilakukan secara teratur. Hal ini menekan pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menyelewengkan dana.


Berbasis Online

Saat ini mayoritas investasi reksadana berbasis online. Kamu bisa melakukan transaksi dan melihat seluruh data investasi dengan mudah melalui laptop dan smartphone. Selain itu juga membuat biaya transaksi menjadi sangat murah.


Demikianlah penjelasan mengenasi reksadana dan keuntungannya jadi sehingga dapat kita simpulkan bahwa reksadana termasuk investasi  yang paling cocok buat kaum millineal yang boleh dikatakan masih belajar soal investasi. Semoga membantud dan menginspirasi

0 Response to "Apa Itu Reksadana dan Apa saja Keuntungannya"

Posting Komentar

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda

Cari Sesuatu

Adsense Artikel

Google Adsense Artikel 1

Google Adsense Artikel 2

Adsense Bawah Artikel