-->

Fitur yang perlu diperhatikan dalam Memilih Panel Server atau VPS

Kontrol Panel VPS merupakan aplikasi utama yang berbasis web yang memungkinkan admin administrators pada server untuk mengelola berbagai macam pada server. Dalama mengelola VPS atau Virtual Private Server tentunya lebih mudah jika menggunakan panel dibandingkan tanpa menggunakan kontol panel.

Seiring bermunculannya kontrol panel yang ada, untuk memudahkan kita memilih panel mana yang lebih cocok untuk pengelolaan server VPS yang kita kelola tentunya seorang admin serverlah serverlah yang menentukan panel mana yang sesuai fungsi, permintaan, kebutuhan dan pengoptimalan Situs Web. Sebelum kita memilih kontrol panel yang ada baiknya kita mengetahui fitur yang ditawarkan sebagai pertimbangan untuk penggunaan kontrol panel yang ditawarkan oleh penyedia kontrol panel.


Daftar Fitur yang perlu diperhatikan dalam mengontrol Server VPS:

Manajemen Domain Name System (DNS)

Jika tanpa panel pengaturan ini harus kita harus melakukan sendiri menggunakan Comanndline yang tentunya akan menjadi sedikit repot dalam mengelola pengaturan DNS


Manajemen File Transfer Protocol (FTP)

Kontrol panel VPS biasanya menyediakan pengelolaan FTP seperti akun user, menajemen password, dan pengaturan limit pada setiap akun.


Manajemen Secure Shell (SSH)

Selain manajemen FTP, Email, DNS, ada juga manajemen user SSH yang dapat menambahkan dan menghapus akun SSH yang ada di dalam server VPS dengan mudah.


Manajemen Email

Fitur ini memungkinkan untuk menambahkan dan mengelola alamat email, mengatur limit setiap akun email, dan mengatur penanganan spam yang tentunya melalui tampilan yang berbasis web pada akun kontrol panel.


Manajemen File System

Jika pengaturannya menggunakan teks perintah harus dilakukan manual maka untuk mengurangi kesalahan pengaturan yang terkadang sering terjadi pada saat mengelola file system menggunakan perintah maka comman kita perlu fitur manajemen file sistem dari kontrol panel.


Manajemen Database

Utuk mengelola berbagai macam pengelolaan pada database agar dapat dikelola dengan baik menggunakan control panel kita, seperti MySQL, PostgreSQL, dan sistem database lainnya kita perlu fitur ini.


Konfigurasi Plugin

Plugin yang umum digunakan itu biasanya bertujuan untuk memudahkan proses pengelolaan situs web atau menambah fiturnya, seperti WordPress, Laravel, dan modul lainnya maka perlu fitur untuk menambahkan dan menghapus plugin tambahan pada kontrol panel.


Laporan Akses dan Pelaporan

Pada kontrol panel laporan log jika terjadi masalah biasanya sistem akan menuliskannya pada log detail masalahnya. Jika sudah disediakan pada kontrol panel yang kita gunakan maka tidak perlu pusing membaca di file log yang ada di server.

Dengan fitur-fitur diatas yang memudahkan penggunaan kontrol panel di VPS membuat banyak pengembang kontrol panel selalu mengembangkan fitur terbaik mernurut versi mereka masing-masing baik control panel gratis yang dikembangkan sebuah komunitas maupun yang berbayar Berikut  Daftar Control Panel Server/VPS Opensource dan Berbayar

seiring banyaknya penyedia kontrol panel yang ada hingga saat ini kita semakin bingung untuk memilih panel mana yang lebih cocok untuk mengelola server yang sedang dikelola dengan adanya artikel ini tinggal kita menyesuaikan fitur diats untuk kebutuhan pengoptimalan fungsi situs web yang dikelola. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Fitur yang perlu diperhatikan dalam Memilih Panel Server atau VPS"

Posting Komentar

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda

Cari Sesuatu

Adsense Artikel

Google Adsense Artikel 1

Google Adsense Artikel 2

Adsense Bawah Artikel