-->

Jenis Lisensi Windows 10 dan Cara Membeli Lisensi Windows 10

Untuk melakukan aktivasi Windows secara resmi dan dapat selalu menggunakan fitur yang update maka anda membutuhkan sebuah lisensi Windows yang resmi dari microsoft. Mengenai lisensi Windows sendiri memiliki 3 jenis lisensi beredar dan dapat kita gunakan. mungkin selama ini kita pikir lisensi Windows yang selama ini kita gunakan pada Windows original hanya satu macam namun sebenarnya ada 3 type lisensi Windows yang beredar di tengah masyarakat pengguna windows. Dari jenis lisensi Windows tersebut fungsinya pada dasarnya sama untuk melakukan aktivasi sistem operasi Windows yang akan diaktivasi. Namun sedikit ada perbedaan dari segi persyaratan penggunaan dan hak cipta yang harus dipatuhi pengguna.

Perbedaan dari 3 Jenis Lisensi Windows Jika anda mau membeli sebuah lisensi original untuk aktivasi Windows copy dan terpasang pada Laptop yang digunakan, maka sebaiknya anda memahami perbedaan 3 jenis lisensi Windows pada artikel ini. Setelah anda memahami perbedaan dari ketiganya, maka selanjutnya anda bisa menentukan pilihan mana yang akan dibeli sesuai dengan persyaratan dan hak cipta dari lisensi tersebut.


Berikut 3 Jenis Lisensi pada Windows 10 :

Lisensi Retail (Full Packaged Product)

Windows Lisensi Retail atau yang sering juga dikenal dengan istilah full packaged product merupakan jenis lisensi Windows yang bisa anda peroleh pada Microsoft Store atau toko yang menyediakan atau jual lisensi Windows secara resmi. Lisensi  jenis ini biasanya berupa produk fisik yang terdiri dari Dus atau Box unit yang kita beli yang tersedia stiker lisensi untuk aktivasi Windows. Jenis lisensi retail ini hanya dapat anda pasang pada satu perangkat komputer meskipun dapat dipindahkan ke komputer lain.  Jika mengalami kendala pada saat melakukan aktivasi Windows menggunakan lisensi retail ini maka menghubungi costumer service Microsoft yang talah mendapatkan support dari Microsoft seperti melalui live support, telepon atau email namun tentu saja hal ini berlaku jika anda membeli dari Microsoft Store atau dari toko yang resmi.

Kekurangan dari lisensi retail ini adalah harganya yang sangat mahal dan tidak dapat dipasang pada lebih dari satu komputer secara bersamaan.


Lisensi OEM (Original Equipment Manufacture)

Lisensi OEM atau singkatan dari Original Equipment Manufacture adalah jenis lisensi Windows yang dikeluarkan oleh perusahaan vendor Laptop yang anda gunakan. Jenis lisensi ini merupakan lisensi yang tertanam pada hardware perangkat komputer Laptop atau PC Dekstop branded. Contoh ketika anda membeli sebuah Laptop baru dan di dalamnya sudah ada Windows yang bukan diinstall sendiri oleh penjaga toko maka jenis lisensi yang digunakan Windows tersebut adalah lisensi OEM, biasanya lisensi ini ditempel di belakang unit yang kita beli.

Dari segi kekurangan dari lisensi OEM ini tidak dapat dipindahkan atau diinstal pada unit lain karena lisensi OEM jenis lisensi yang tertanam pada hardware, maka tidak akan dapat digunakan pada unit lain walaupun kita telah menghapus lisensinya dari unit kita sebelumnya.


Lisensi Volume

Jenis ini dapat dipasang pada lebih dari satu perangkat komputer pada waktu yang sama. Jenis lisensi ini adalah lisensi Windows yang dikeluarkan oleh Microsoft kepada perusahaan atau pelaku bisnis yang menggunakan banyak komputer. Karena penggunaan komputer yang sangat banyak, maka Microsoft memberikan penawaran khusus dengan perusahaan dan memberikan satu lisensi yang dapat digunakan untuk aktivasi semua komputer Windows di perusahaan tersebut.

Tentu saja ini lebih hemat dapripada semua komputer pada perusahaan yang dikelola harus dibelikan lisensi retail. Mengenai banyaknya jumlah komputer yang dapat digunakan pada satu lisensi, maka hal tersebut tentu saja tergantung pada kesepakatan pihak Microsoft dan pihak perusahaan.


Cara-cara Membeli Lisensi Windows 10

  • Membeli Lisensi Windows 10 dengan mengaktivasi online
  • Membeli di situs WhoKeys
  • Membeli ditoko online atau offline

Demikianlah Jenis Lisensi Windows 10 dan Cara Membeli Lisensi Windows 10 dan Semua kembali lagi ke anda karena itu pilihan masing-masing apakah mau menggunakan jenis. Semoga membantu

0 Response to "Jenis Lisensi Windows 10 dan Cara Membeli Lisensi Windows 10"

Posting Komentar

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda

Cari Sesuatu

Adsense Artikel

Google Adsense Artikel 1

Google Adsense Artikel 2

Adsense Bawah Artikel