-->

Cara Memilih Pinjaman Online Legal dan Data Pribadi Bisa Aman

Pinjaman online sering juga disebut Pinjol atau diistilah unsecured loans, adalah pinjaman tanpa jaminan Aset yang dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Adapun pinjaman online ini biasanya difasilitasi oleh sebuah lembaga keuangan yang berbasis online atau perusahaan P2P Lending. Pinjaman online juga menjadi salah satu produk finansial yang paling banyak diminati dan dikenal saat ini bagi masyarakat Indonesia.


Sebelum memilih dari sekian banyak produk pinjaman online, agar bisa membandingkan beberapa produk pinjaman online, dari berbagai perusahaan P2P Lending terbaik atau Aplikasi Pinjaman online laiinya yang ada di Indonesia ada baiknya ketahui dulu informasi yang cukup penting pinjaman berbasis online berikut ini:

Pinjaman Online Harus Terdaftar OJK

Dengan hadirnya pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar OJK, bisa meresahkan dan sangat merugikan masyarakat. Misalnya dengan bunga yang sangat mencekik, peraturan yang tidak normal, tidak transparan, rentan terjadi kebocoran data untuk dimanfaatkan, dan yang paling parah dijadikan wadah penipuan.

Dengan munculnya pinjaman online membuat layanan pinjaman berbasis online saat ini produk finansial termasuk salah satu produk finansial yang paling fenomenal dan paling menarik bagi masyarakat Indonesia. 
OJK merupakan lembaga independen yang memiliki fungsi, tugas, serta wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan, terhadap seluruh kegiatan, di sektor jasa keuangan, termasuk pinjaman online. Data pada tahun 2018 lalu , setidaknya OJK menemukan 227 perusahaan fintech startup P2P lending atau pinjaman berbasis online, yang tidak terdaftar di OJK. Pada tahun 2019 lalu bukannya menurun, OJK kembali menemukan dan mencatat bahwa ada 1477 pinjol ilegal di tahun 2019, dan yang terdaftar hanya 127 saja. Dengan adanya hal ini, OJK mengimbau untuk para perusahaan P2P lending dan pinjaman online, untuk melakukan pendaftaran dan mengurus izin ke OJK.

Ciri-ciri Pinjaman Online Terdaftar OJK

Ciri pertama 

Pinjaman online yang pertama ini jelas, harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika tidak, maka perusahaan pinjaman berbasis online tersebut bisa dikatakan ilegal. Dengan status yang jelas, maka sebagai nasabah, Anda juga akan merasa aman dan nyaman.   Anda bisa melihat daftar pinjaman online legal di situs resmi www.ojk.go.id, sebelum memilih produk yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa mengecek pinjaman online itu ilegal atau legal, di website resmi pinjaman online itu sendiri. Umumnya, pinjaman online legal akan menampilkan logo OJK di bagian bawah website namun ada juga yang berani-beraninya menampilkan logo ojk di flatform merka namun setelah di cek di website ojk tidak terdaftar sehingga anda jangan sampai tertipu maka dari itu kktara sarankan agar mengecek lebih lanjut di situs ojk.

Ciri Kedua

Persyaratan Masuk Akal Meski mudah, persyaratan pinjaman online juga harus masuk akal. Pasalnya, hal ini sering disepelekan, karena menganggap platform tersebut bisa memudahkan nasabah, jika persyaratannya tak masuk akal, seperti hanya menyertakan KTP dan rekening tabungan, Anda patut curiga. Semudah-mudahnya persyaratan pinjaman online, umumnya Anda wajib menyertakan KTP, NPWP, bukti transaksi bank selama 3 bulan terakhir, bukti riwayat kredit sebelumnya, hingga SIUP (untuk para pebisnis).

Ciri Ketiga

Transparan Terhadap Segala Biaya dan Bunga pada Pinjaman online legal umumnya sangat terbuka dalam hal apapun, seperti proses pengajuan, waktu pencairan, termasuk soal biaya-biaya. Perusahaan penyedia pinjaman online terpercaya akan menjelaskan secara rinci kepada terkait besaran bunga, biaya administrasi, biaya denda keterlambatan dan biaya lainnya. Sehingga, kita dapat mengetahui dengan pasti bunga dan tagihan yang harus dibayarkan, jatuh tempo pembayaran, dan lain-lain.

Ciri keempat 

Memiliki Situs Resmi Karena layanan ini berbasis online, maka keberadaan situs resmi penyedia pinjaman online juga bisa dijadikan hal yang sangat penting. Dengan adanya situs resmi, nasabah jadi mudah dalam mengetahui sederet informasi produk, kontak yang bisa dihubungi, alamat perusahaan yang jelas, dan lainnya.

Ciri Kelima

Memiliki Kontak Center yang Jelas juga wajib memiliki kontak yang jelas dan bisa dihubungi. Mulai dari nomor customer service yang melayani (umumnya 24 jam), nomor kantor pusat, alamat email, media sosial, dan lainnya.

Demikianlah cara memlilih Pinjaman online yang legal demi keamanan data nasabahnya, pada artikel berikut ini kktara.com membahas Cara Agar Pinjaman Online Disetujui Oleh Pinjaman Online Legal semoga kita menjadi nasabah yang pintar dalam memlilih solusi keuangan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Memilih Pinjaman Online Legal dan Data Pribadi Bisa Aman "

Posting Komentar

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda

Cari Sesuatu

Adsense Artikel

Google Adsense Artikel 1

Google Adsense Artikel 2

Adsense Bawah Artikel