Yang Membedakan SSL Domain Berbayar dan Gratis

Zaman  sekarang ini mempunyai sebuah situs website profesional merupakan salah satu keperluan yang mutlak dibutuhkan oleh sebagian besar pelaku usaha. Dengan memiliki sebuah website bisa berjalan dan dapat melakukan berbagai tugas secara bersamaan sebagai media promosi, platform penjualan produk, sebagai sarana komunikasi, serta sebagai media yang digunakan untuk membangun brands bisnis. Sebagai website bisnis yang profesional, untuk menambah kredibilitas dan meningkatkan kepercayaan pelanggan tentu membutuhkan sebuah teknologi mutakhir yang bisa melakukan hal tersebut salah satu dengan SSL. SSL  sendiri merupakan kepanjangan dari Secure Socket Layer, suatu teknologi keamanan dimana di dalam teknologi ini terdapat komunikasi antara web browser dengan web server terenkripsi dengan baik sehingga data yang ada di dalam dapat terlindungi dan terhindar dari pencurian file atau data oleh para penjahat cyber. 



SSL ini memiliki banyak jenisnya termasuk SSL yang bisa digunakan secara ataupun berbayar, pada artikel ini kktara.com hanya menjelakan perbedaan umum saja yang di jelaskan yang membedakan antara SSL Gratis dan SSL Berbayar, mari kita simak penjelasan pada artikel ini.


Perbedaan SSL Gratis dan Berbayar

Dari Sisi Kompatibilitas,

Perbedaan pertama antara SSL Gratis dengan SSL berbayar dapat dilihat dari sisi kompatibilitasnya terhadap berbagai jenis browser kurang support terutama untuk jenis browser yang memiliki versi yang lumayan cukup lama alias jadul dan browser yang tidak terkenal. Apabila dipaksa digunakan, maka akan menimbulkan banyak masalah seperti: SSL tidak terbaca, timbul berbagai macam error (seperti Secure Connection Failed atau Connection is Untrusted). Sedangkan SSL versi berbayar, mempunyai tingkat kompatibilitas browser yang sangat tinggi,  Sehingga dapat dipastikan tidak akan mengalami masalah SSL error pada browser. Selain itu Sertifikat SSL Berbayar dapat mendukung semua jenis browser tanpa terkecuali termasuk jenis browser jadul dan browser yang tidak dikenal atau populer.


Macam-macam Tipe

Tiap SSL SSL Gratis hanya memiliki satu tipe yaitu SSL Let’s encrypt, sedangkan SSL berbayar menyediakan beberapa tipe SSL yang sangat lengkap dimulai dari Domain Validation Certificate (DV SSL), Organization Validated certificate (OV SSL), dan Extended Validation Certificate ( EV SSL). 


Masa Berlaku Masa Berlaku

SSL gratis biasanya memiliki jangka waktu yang cukup pendek yaitu sekitar 1 sampai 3 bulan. Dan jika masa berlaku telah habis, kita diharuskan untuk melakukan penerbitan ulang atau yang dikenal dengan sebutan Reissue SSL. Apabila tidak melakukan hal tersebut sampai pada batas waktu yang telah ditentukan maka secara otomatis sistem akan merubah HTTPS website kamu menjadi HTTP biasa yang tidak ada sistem keamanannya bahkan bisa berdampak tidak dapat diakses. Sedangkan SSL Berbayar memiliki jangka waktu yang lebih lama yaitu minimal 1 (satu) tahun bahkan bisa sampai 2  tahun masa berlakunya sehingga memiliki batas waktu yang cukup lama untuk melakukan reissue.


Proses Aktivasi Atau Penerbitan SSL

Proses Penerbitan SSL (Reissue SSL) merupakan proses aktivasi SSL dimana di dalamnya dilakukan proses penerapan SSL ke nama domain. Pada SSL Gratis untuk proses penerbitan SSL membutuhkan waktu yang cukup lama jika tanpa masalah maka prosesnya antara 30 menit sampai dengan 1 (satu) jam lamanya. Sedangkan SSL berbayar, proses penerbitan SSL untuk tipe Domain Validated Certificate (DV SSL) dapat dikatakan jauh lebih cepat yaitu hanya membutuhkan waktu dibawah 10 menit. 


Asuransi Keamanan

Yang menjadi kelemahan dari SSL gratis ini adalah tidak memiliki asuransi keamanan sehingga jika mengalami kebocoran data, data hilang atau situs website terjangkit serangan para hacker maka tidak ada jaminan untuk mengganti rugi hal tersebut. Beda halnya dengan SSL berbayar dapat menanggung uang ganti rugi jika terjadi kebocoran data yang besarnya mulai dari Hal tersebut tentu menjadi salah satu jaminan yang paling menarik untuk kita yang ingin menggunakan sertifikat SSL.


Jaminan Keamanan

Standar keamanan dari SSL gratis tidak begitu jelas seperti ada berapa bit enkripsi data yang digunakan, sehingga dapat dibilang tingkat jaminan keamanannya masih sangat diragukan. Sedangkan pada SSL berbayar, jaminan keamanan yang dialokasikan pada umumnya menggunakan enkripsi paling. Sehingga bisa dipastikan keamanan data akan lebih terjaga dan terjamin dari pencurian data yang mungkin dilakukan oleh para hacker.

Kustomisasi Kustomisasi

Untuk SSL gratis dilakukan terbatas biasanya hanya untuk satu domain saja disaat kamu melakukan pembelian domain. Itu pun dapat berlaku apabila kamu memperoleh SSL gratis dari penyedia layanan, tidak semua layanan penyedia hosting memberikan gratis SSL pada layanan hostingnya yang mereka berikan mereka menyediakan layanan SSL hanya sebagai opsi tambahan saja bukan SSL yang diberikan secara gratis. Pada SSL berbayar untuk kustomisasinya terbilang lebih bebas, dimana kita dapat dengan mudah memindahkan layanan SSL ke domain lainnya hanya dengan cara melakukan penerbitan SSL (reissue) di penyedia layanan SSL. 


Tingkat Kepercayaan (Trust) 

Tingkat kepercayaan Pada SSL gratis tentunya jauh berbeda dengan SSL berbayar, sehingga tingkat kepercayaan (trust) para pengguna masih terbilang kurang. Sedangkan pada SSL berbayar, tingkat kepercayaan para pelanggan sangat tinggi biasanya untuk website toko online, website ecommerce, situs perusahaan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan pelanggan.

Layanan Support

Pada SSL gratis umumnya tidak memiliki layanan support yang diberikan. Layanan support hanya dapat melayani dan membantu kamu ketika kamu melakukan pengaktifan SSL saja, setelahnya  tidak ada layanan support lagi yang diberikan,sehingga kita lakukan secara mandiri. Sedangkan pada SSL berbayar, memberikan layanan support 7×24 jam yang sangat lengkap mulai dari layanan live chat, telepon, dan email. Apabila mengalami segala permasalahan terkait SSL bisa langsung menghubungi layanan support agar segera dilakukan penanganan dan diberikan solusi yang tepat. 


Setelah melihat Hal-hal yang membedakan SSL Domain Berbayar dan Gratis meskipun keduanya memiliki fungsi yang hampir sama namun ternyata memiliki banyak sekali perbedaan sperti yang dipaparkan pada poin diatas. Dengan adanya perbedaan antara sertifikat SSL gratisan dan SSL berbayar sehingga sebagai pelaku bisnis akan memikirkan jenis sertifikat SSL mana yang cocok untuk digunakan untuk situs website kamu.  Demikianlah yang dapat kami sampaikan sempoga bermanfaat


Posting Komentar

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda

Lebih baru Lebih lama

Ads

Ads