Penjelasan SSL Domain dan Daftar Penyedianya SSL Domain

Sahabat pembaca yang mempunyai bisnis online melalui website menggunakan server ataupun hosting, pernah ga kita kuatir dan takut jika data-data pengunjung dan file penting kita diketahui atau bahkan dicuri, tentunya sangat dikuatirkan.pada artikel kktara kali ini bertujuan untuk keamanan data serta informasi penting kita agar tetap terjaga dengan menggunakan SSL.  

Gambar URL Website Tanpa SSL

Gambar URL Website Menggunakan SSL


Sekilas Mengenai SSL

Bagi pengguna pernah mengunakan hosting pasti tidak asing lagi dengan SSL. SSL atau Secure Socket Layer dari garis besar fungsinya adalah untuk mengamankan transmisi data antar 2 sistem yang berbeda. SSL atau bisa disebut Secure Socket Layer merupakan teknologi keamanan stkitar untuk membuat enkripsi antara server dengan client sehingga tidak ada pihak yang bisa mencuri data dan informasi. SSL berjalan diantara layer aplikasi dan layer network, tepatnya SSL berada pada layer transportasi yang memiliki tugas membawa paket atau data dan informasi yang sudah terenkripsi secara acak.

Perbedaan yang paling umum pada website yang menggunakan SSL dan tidak menggunakan SSL adalah masalah keamanan dan trusted. Jika tidak menggunakan SSL, data dan informasi yang dikirim berupa plaint text yang sangat rentan diretas oleh hacker, berbeda dengan yang sudah menggunakan SSL, setiap data dan informasi yang dikirim sudah terenkripsi dengan baik  sehingga hacker sangat suah untuk menembus enkripsinya


Beberapa manfaat menggunakan SSL pada website

  • SSL dapat menjaga informasi sensitif selama dalam proses transfer data atau informasi melalui internet dengan cara dienkripsi. Sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut.SSL memberikan enskripsi data melalui HTTPS yang akan melindungi data pengunjung website kita, memberikan integrits data sehingga kita mengetahui bahwa data atau website kita tidak mampu dimodifikasi atau dirusak. Bagi kita yang mengembangkan bisnis online melalui website, browser akan memberikan isyarat tervisualisasi seperti ikon kunci atau bar warna hijau untuk memastikan dan memberitahu kepada pengunjung website jika mereka berada pada koneksi ter-enkripsi dan aman. Ini akan membawa manfaat yang lebih baik untuk kepercayaan pelanggan dan dalam beberapa hal, bisa dipastikan pengunjung tersebut akan menjadi pelanggan di website kita. SSL Provider juga akan memberikan segel terpercaya yang bertujuan untuk menanamkan rasa percaya untuk pelanggan kita. Pada gambar di bawah, kita dapat melihat alamat pada bar hijau yang datang dengan validasi panjang (EV) Sertifikat SSL.

  • Sertifikat SSL tentunya dapat meningkatkan peringkat website di Google. Google sendiri secara resmi mengumumkan pada 6 Agutus 2014 lalu bahwa enskripsi HTTPS -hanya tersedia dengan sertifikat SSL. Hal tersebut akan menjadi hal yang positif untuk rangking mesin pencari dan SEO. website memiliki ranking di google sangatlah penting pada bisnis kita.

  • Sertifikat SSL juga menyediakan otentikasi. Dengan SSL, dapat dipastikan informasi kita terkirim ke server tujuan dan bukannya ke mesin lain yang tidak memiliki hak atas informasi tersebut. Hal ini sangat penting karena sifat dasar dari internet yaitu pengiriman data dan informasi yang akan melewati beberapa jumlah mesin. Setiap mesin, memiliki potensi menjadi website palsu atau adanya peniruan untuk mengelabui pengguna kita mengirimkan informasi ke mesin tersebut. Namun dengan menggunakan PKI (Public Key Infrastructure) dan sertifikat SSL dari penyedia SSL terpercaya, hal ini dapat dihindari.

  • Melindungi Pencurian Data Dalam Bentuk Pemalsuan (Phising)Sebuah email phising adalah email yang dikirim oleh seorang kriminal yang mencoba untuk meniru tampilan website kita. Email tersebut biasanya berisi tautan ke situs mereka atau menggunakan serangan saat ditengah jalan untuk menggunakan nama domain situs kita. Sangat sulit bagi para kriminal menerima sertifikat SSL yang tepat, maka mereka tidak akan bisa dengan sempurna menirus situs kita. Hal ini memperkecil kemungkinan terjadinya phising, karena pengguna akan melihat tkita kepercayaan di browser mereka.


Cara Kerja SSL

  • Pembeli ketika mengakses website toko online yang sudah menggunakan SSL biasanya diawalai dengan https, sebelum url atau nama domain muncul logo gembok atau muncul green bar sebelum url. Jika tidak ada SSL biasanya terdapat tulisan ‘Not secure/Tidak aman’ berwarma merah. kita juga bisa mengecek secara langsung dengan bantuan SSL Checker Tool seperti pada sslshopper.

  • Kemudian server dari toko online yang sedang kita kunjungi tersebut memberitahu secara otomatis bahwa toko online sudah menggunakan SSL Certificate yang ditampilkan pada browser.

  • SSL akan menggunakan algoritma terenkripsi dengan mengacak session key ketika proses pertukaran antara pembeli dan penjual, sehingga hacker akan kesulitan membobol data pembeli tersebut. Kemudian data barulah siap untuk dikirim kepada alamat tujuan. Hasilnya pertukaran data berjalan dengan lancar dan aman dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • Pada saat kita selesai melakukan transaksi atau logout, session key SSL Certificate akan dihapus otomatis dari browser.


Beberapa Penyedia SSL

RapidSSL

RapidSSL menyediakan solusi SSL sertifikat terbaik dengan harga rendah, yang mencakup jaminan uang kembali 30 hari. Sertifikat SSL RapidSSL memiliki 99% pengenalan browser dan mengamankan banyak server tanpa biaya tambahan. dengan menawarkan konsol manajemen SSL, memungkinkan Anda untuk mengelola semua sertifikat pada satu akun. Sertifikat ini dapat diterbitkan ulang secara gratis. Seperti semua penyedia Sertifikat SSL yang disebutkan di atas, RapidSSL juga menyediakan kekuatan enkripsi 256-bit dan dilengkapi dengan True Site Seals.


Symantec

Symantec (kombinasi “sintaks” dan “semantik” dengan “teknologi”) adalah perusahaan Fortune 500, yang menyediakan perangkat lunak dan layanan cybersecurity di seluruh dunia. Sertifikat SSL Symantec mengamankan situs web Anda dengan enkripsi hingga 256-bit, dan membantu Anda untuk secara otomatis melindungi seluruh situs terhadap infeksi berbahaya. SSL Symantec juga digunakan pada kebanyakan website bank di indonesia seperti BRI, BNI, Mandiri dan lainnya.


Comodo

Sertifikat SSL Comodo menyediakan fitur dan alat tambahan seperti teknologi ‘point-to-verify’ yang menunjukkan kepada pengunjung verifikasi waktu nyata dari kredensial bisnis Anda kapan pun mereka memindahkan kursor ke atas segel SSL. Comodo SSL memberikan pelanggan Anda tingkat keamanan yang tinggi dengan 2048 bit signature dan hingga 256-bit enkrips


Selain yang disebutkan diatas tentunya jika kita ingin membeli ssl kita dapat mencari informasi lebih lanjut mengenai garansi, support bahkan review dari pengguna. 

Demikianlah yang dapat admin sampaikan Semoga membantu dan bermanfaat.

Posting Komentar

Terima kasih anda telah membaca artikel saya Tinggalkan Komentar anda

Lebih baru Lebih lama

Ads

Ads